Gereja Perdana – Ringkasan

  • Gereja adalah perkumpulan atau persekutuan orang-orang (=umat) yang percaya, beriman pada Kristus dan telah dibaptis. Mereka menjadikan ajaran Tuhan Yesus sebagai tuntunan hidup mereka dan juga mendengarkan dengan tekun pengajaran dari Para Rasul.
  • Gereja perdana adalah sekumpulan orang yang telah percaya kepada Kristus dan dibaptis, yang hidup setelah Tuhan Yesus wafat dan bangkit. Perdana berarti pertama. Jadi mereka ini adalah orang-orang pertama yang percaya pada Tuhan Yesus, merelakan diri untuk dibaptis dan hidup dengan saling memperhatikan satu sama lain karena jumlah mereka belum terlalu banyak. Jadi, yang termasuk Gereja Perdana itu adalah Para Rasul, Bunda Maria, dan semua orang yang percaya pada Tuhan Yesus ┬ádan mau dibaptis setelah kotbah Petrus (setelah Roh Kudus turun atasnya dan semua rasul).
  • Cara hidup jemaat perdana (baca Kis 2:41-47):
    a. Bertekun dalam pengajaran para rasul dan dalam persekutuan
    b. Selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa
    c. Tetap bersatu dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama
    d. Selalu ada dari antara mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
    e. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bati Allah.
  • Solidaritas dalam gereja perdana sangat kuat, mereka saling mewujudkan persaudaraan dengan orang lain.
  • Solidaritas dapat terwujud bila ada kerelaan untuk berkorban serta terlibat dalam penderitaan dan kebutuhan orang lain.

Dikutip dengan penyesuaian dari Buku Rangkuman & Latihan soal Pelajaran Agama Katolik SD Kelas 4-6 oleh Yulita Susi Astuti, S Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *