Sakramen

Pertanyaan Mendasar:

1. Apa itu Sakramen?

2. Apakah Gereja dapat disebut sebagai Sakramen?

3. Aspek-aspek simbolis apa saja yang terdapat dalam sebuah sakramen?

4. Sakramen apa saja yang dikenal dalam Gereja Katolik?

Pembahasan:

1. Apa itu Sakramen?

Sakramen adalah tanda dan sarana keselamatan Allah.

2. Apakah Gereja dapat disebut sebagai Sakramen?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengajukan pertanyaan kritis: “Apakah Gereja dapat menjadi tanda keselamatan Allah?” dan “Apakah Gereja mampu menghantar orang kepada keselamatan yang ditawarkan oleh Allah?”

Jika jawaban dari dua pertanyaan di atas adalah “ya”, maka Gereja dapat disebut sebagai sakramen.

Idealnya, Gereja adalah tanda kasih dan keselamatan Allah. Artinya, keberadaannya mampu mencerminkan damai, sukacita, ketentraman. Dan tidak hanya berhenti sebagai tanda, Gereja juga harus mampu menjadi sarana, menjadi ‘tempat’ yang tepat bagi pelaksanaan karya keselamatan Allah. Dengan kata lain, Gereja mampu membawa orang pada keselamatan Allah. Caranya? Mengajarkan dan melaksanakan ajaran Kristus di tengah dunia!

3. Aspek-aspek simbolis apa saja yang terdapat dalam Sakramen?

a. Aspek Kristologis

Tanda dan Sarana Keselamatan Allah itu tampak sangat jelas dalam pribadi Yesus Kristus. Yesus Kristuslah pemenuhan  janji penyelamatan Allah bagi manusia.

b. Aspek Antrophologis

Tanda dan Sarana Keselamatan Allah itu, meskipun telah dan selalu ditawarkan oleh Allah kepada manusia, tidak dapat terlaksana dalam diri manusia jika manusia tidak mau membuka diri terhadap Allah.

c. Aspek Eklesiologis

Tanda dan Sarana Keselamatan Allah itu, jika dialami oleh seorang anggota Gereja, tidak hanya dirayakan oleh yang bersangkutan secara pribadi tetapi menjadi perayaan Gereja.

4. Sakramen apa saja yang dikenal dalam Gereja Katolik?

Ada tujuh sakramen yang dikenal dalam Gereja Katolik:

a. Sakramen Baptis

b. Sakramen Tobat

c. Sakramen Komuni

d. Sakramen Krisma

e. Sakramen Perkawinan

f. Sakramen Imamat

g. Sakramen Pengurapan Orang Sakit.

Catatan: Sakramen Baptis, Komuni, dan Krisma disebut juga dengan sakramen inisiasi. Dengan kata lain, jika seorang anggota Gereja telah menerima ketiga sakramen itu maka ia dapat dikatakan sebagai anggota ‘penuh’ Gereja Katolik dan telah dianggap dewasa dalam iman. Sementara itu, upacara pemberkatan rumah dan benda-benda rohani disebut sebagai Sakramentali.

aendydasaint.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.