Mencintai Santo Yusuf, Renungan dan Aneka Devosi

Sejauh mana Anda mengenal Santo Yusuf, suami Bunda Maria? Pernahkah Anda mendengar doa ‘Salam Yusuf’? Doanya kurang lebih seperti ini:

Salam Yusuf, Pria yang tulus, mempelai murni Maria,
ayah Mesias keturunan Daud.
Terpujilah engkau di antara pria, dan terpujilah Yesus,
…dst… (lengkapnya ada di dalam buku, tentu saja).

Santo Yusuf adalah salah satu orang kudus yang bersentuhan langsung dengan Tuhan Yesus. Sayangnya, keempat Injil tidak bercerita banyak tentangnya. Nah, Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang dia, Anda wajib membaca buku ini! Buku ini menyibak Santo Yusuf, yang belum banyak kita ketahui, dengan penelusuran “tiga dalam satu”: studi Alkitab, arkeologi, dan sejarah.

Penulis buku ini adalah seorang Imam dari Misionaris Keluarga Kudus (MSF): Rm. Bobby Steven Timmerman, MSF yang saat ini sedang menjalani studi S3 Teologi Alkitab di Pontificia Universita “San Tomasso d’Aquino” Roma.

Saat pertama kali dikontak oleh Rm Bobby, saya merasa tidak percaya, dan sekaligus bangga, bahwa beliau meminta sumbang saran saya dalam proses penulisan buku ini. Memang sih, kami dulu teman sekelas saat kuliah Filsafat dan Teologi di Seminari Tinggi Kentungan. Banyak prediksi yang mencuat dalam pikiran saat itu. Mungkin beliau meminta sumbang saran saya sebagai seorang awam, terlebih lagi sebagai seorang kepala keluarga yang seyogyanya butuh teladan tangguh seperti Santo Yusuf.

Dan benar saja, setelah membaca draft buku ini waktu itu, buku ini sangat berguna bagi keluarga-keluarga Katolik yang ingin meneladani sang kepala keluarga kudus Nazaret. Buku ini sangat kaya. Bukan hanya Anda akan diajak menelusuri kehidupan Santo Yusuf, terlebih buku ini menawarkan aneka renungan dan devosi yang tentu sangat berguna dalam membentuk, merawat dan memperkaya khasanah hidup doa Anda.

Banyak dari kita yang enggan memulai untuk membaca buku rohani, karena sudah keder ketika membayangkan buku yang tebal dan penuh dengan bahasa yang teologis. Tenang saja. Buku ini adalah buku yang ringan dari segi bahasa, dan, berita baiknya, tidak tebal! Hanya 80 halaman. Buku ini dibagi menjadi tujuh bab, dengan renungan di akhir setiap babnya. Jadi, Anda tidak harus buru-buru menyelesaikan buku ini.

Buku ini diawali dengan pembahasan tentang Santo Yusuf sebagai keturunan Daud, dan diakhiri dengan ulasan yang menarik mengenai misteri akhir hidupnya. Ada banyak rasa ingin tahu yang coba dijawab dalam buku ini mengenai Santo Yusuf. Buku ini akan mencoba membantu kita lebih mencintai Santo Yusuf, seorang kudus yang lebih dikenal dengan apa yang dia telah lakukan tanpa banyak bicara!

Anda dapat membeli buku ini di toko-toko buku Kanisius terdekat di kota Anda, atau dengan menghubungi customer care KRC di 081904225453.

Leave a Reply

Your email address will not be published.