Karya Pelayanan Gereja

  • Gereja mendapat tiga tugas dari Yesus Kristus untuk diemban sepanjang masa sampai akhir zaman. Ketiga tugas tersebut adalah sebagai berikut:
    1) Tugas Mewartakan
    Sebelum naik ke surga, Yesus telah berpesan kepada para murid untuk pergi mewartakan kabar gembira ke seluruh dunia (Markus 16:15). Mereka tidak perlu takut, Yesus menyertai mereka. Pesan itu tetap berlaku bagi murid-murid Yesus di zaman sekarang ini, yakni mereka semua yang telah dipermandikan. Pewartaan adalah tugas utama Gereja. Bukan pewartaan dengan kata-kata tetapi lebih-lebih dengan kesaksian hidup dan dialog. Tujuan dari tugas pewartaan ialah agar Yesus dan ajaran-Nya diterima dan diimani oleh semua orang. Orang yang percaya akan memperoleh keselamatan.
    2) Tugas Menguduskan
    Sudah sejak awal sejarah Gereja, umat Kristen biasa menjalankan perayaan iman. Perayaan iman ini bukan sekadar perayaan ibadat saja, tetapi juga menghasilkan buah nyata dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kisah para rasul menceritakan bahwa umat Kristen pertama menjual harta miliknya lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama. Cara hidup yang demikian membuat mereka disukai semua orang sehingga tiap-tiap hari umat bertambah jumlahnya. Gereja pada masa kini juga tetap bertugas untuk merayakan perayaan-perayaan iman itu supaya umat dan masyarakat menjadi lebih baik, lebih kudus, dan terselamatkan. Salah satu tugas pokok Gereja adalah menguduskan tugas imamat!
    3) Tugas Melayani (atau Menggembalakan)
    Tugas melayani ditunjukkan oleh Yesus dengan membasuh kaki para murid-Nya. Yesus menghendaki agar tugas itu dijalankan terus oleh para murid-Nya. Yesus selalu melayani orang yang membutuhkan. Ia menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, mengampuni orang berdosa, dan memberi makan kepada orang yang kelaparan. Yesus adalah tuan segala tuan tetapi bersikap rendah hati dan siap melayani. Pelayanan yang telah dijalankan oleh Yesus menjadi tugas dan panggilan Gereja. Gereja sungguh-sungguh menjadi warta gembira bila Gereja menampakkan pelayanan dalam kehidupannya. Semua anggota Gereja dipanggil untuk tugas pelayanan, termasuk kita yang kini tengah belajar.
  • Sebagaimana Kristus mengemban tugas sebagai nabi, imam dan Raja, demikian pula Gereja sebagai persekutuan umat beriman kepada Kristus, memiliki tiga tugas pokok, yaitu tugas pewartaan, pengudusan, dan penggembalaan. Keseluruhan tugas tersebut disebut sebagai karya pelayanan Gereja. Karya pelayanan Gereja tersebut, tercermin pada ketiga tugas Kristus, yaitu sebagai pewarta, pengudus dan raja.
  • Tujuan dari karya pewartaan adalah agar Kristus semakin dikenal dan diimani dengan segenap hati oleh semua orang. Kristus hendaknya diwartakan oleh umat Kristen melalui perkataan dan perbuatan. Perkataan, sikap, dan tingkah laku orang beriman hendaknya memancarkan kebaikan Allah.
  • Selain tugas mewartakan, Gereja juga mempunyai tugas untuk menguduskan. Tugas ini dijalankan melalui perayaan-perayaan ibadat yang juga merupakan perayaan iman. Dalam perayaan iman umat berkumpul untuk ibadat, maka tindakan itu selalu berhubungan dengan iman. Dalam ibadat kita menyatakan iman, perasaan syukur, permohonan, dan pertobatan. Perayaan Ekaristi Kudus merupakan salah satu perayaan iman yang penting bagi orang Katolik. Selain perayaan-perayaan sakramen, juga ada perayaan sakramentali, yakni bentuk perayaan yang dilakukan umat dengan tujuan tertentu, misalnya: pemberkatan rumah, pemberkatan benih, dan lain-lain. Di samping itu, juga ada ibadat sabda, sharing Kitab Suci, ziarah, dan sebagainya. Tugas pengudusan ini dilaksanakan sejak masa hidup umat purba dahulu (Kisah Para Rasul 2: 41-47).
  • Tugas Gereja yang ketiga adalah menggembalakan umat Allah atau memimpin dan melayani umat. Yesus Kristus adalah dasar dari seluruh penggembalaan atau pelayanan dalam Gereja. Ia menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, memberi makan orang lapar, dan mengampuni orang berdosa yang bertobat. Pelayanan dijalankan oleh Yesus dengan penuh pengabdian, pengorbanan, dan kerendahan hati seperti diwujudkan dalam pembasuhan kaki para murid (Yohanes 13: 4-17). Tugas penggembalaan ini adalah tugas semua orang Kristen yang dijalankan sesuai dengan fungsi dan status setiap orang. Tugas pelayanan bertujuan agar kehidupan semua manusia utuh dan masuk persekutuan hidup dengan Allah.
  • Karya pelayanan Gereja atau tiga tugas Gereja tersebut di atas perlu dipahami oleh anak-anak. Untuk memahami tugas-tugas Gereja tersebut, anak-anak diharapkan bisa berpartisipasi dan melibatkan diri dalam tugas-tugas kegerejaan, misalnya misdinar, pendalaman Kitab Suci, doa-doa bersama di lingkungan, dan sebagainya.
  • Yesus memanggil murid-murid-Nya, untuk melanjutkan karya dan tugas Yesus di dunia. Sebagai murid-murid-Nya, Gereja menjalankan karya pelayanan, sebagai bentuk keterlibatan Gereja di dalam tritugas Kristus.
  • Dewasa ini, Gereja melaksanakan karya pewartaan melalui kegiatan pengajaran dan pendampingan iman, seperti les katekumen, les komuni pertama, persiapan krisma, sarasehan lingkungan, dan lain-lain.
  • Karya pengudusan dilaksanakan Gereja, melalui kegiatan liturgis, perayaan sakramen serta doa atau peribadatan.
  • Sedangkan karya penggembalaan, diupayakan Gereja dengan membentuk wadah-wadah atau organisasi-organisasi, baik yang bersifat sosial maupun gerejani.
  • Di samping itu, Gereja terpanggil untuk melaksanakan karya pelayanan Gereja, melalui kegiatan sosial kemanusiaan dan amal kasih.Ringkasan Buku Guru Kelas 6 K13Mau mendengarkan inspirasi renungan harian dengan pendekatan pribadi?
    Kunjungi dan subscribe kanal YouTube Risalah Immanuel
    Upload setiap hari jam 6 sore WITA!

     

Leave a Reply

Your email address will not be published.