Nabi Elia – Ringkasan

  • Kisah tentang Nabi Elia dapat kalian baca di Kitab 1 Raja-raja bab 17 dan selanjutnya.
  • Nabi itu adalah penyambung lidah Allah untuk menyampaikan kebenaran.
  • Tugas utama seorang nabi adalah menyampaikan kehendak Allah agar orang mau berbalik kepada Allah, mendengarkanNya dan kembali ke jalan yang benar.
  • Seorang nabi adalah seorang yang dekat dengan Allah, menjalankan perintahNya dan  rela berkorban demi kebenaran.
  • Dalam Alkitab Perjanjian Lama, kita mengenal beberapa nabi di antaranya Nabi Elia, Amos dan Yesaya.
  • Pada saat Raja Ahab memerintah atas Israel, terjadilah penyembahan berhala. Hal itu terjadi karena istri Raja Ahab, yaitu Izebel, berhasil membujuk sang raja untuk menyembah berhala. Banyak rakyat yang akhirnya terpengaruh untuk ikut menyembah berhala.
  • Allah mengutus Nabi Elia untuk menyadarkan bangsa Israel yang menyembah berhala itu. Dia menegur Raja Ahab yang menyembah berhala dan memperingatkan raja dan rakyatnya bahwa Allah akan menghukum mereka dengan tidak menurunkan hujan selama tiga tahun jika mereka tetap menyembah berhala.
  • Di hadapan bangsa Israel, Nabi Elia membuktikan kepalsuan  dewa Baal dan membuktikan kemuliaan dan keperkasaan Allah. Di atas gunung Karmel, Nabi Elia berhadapan dengan nabi-nabi palsu Baal untuk membuktikan siapa yang benar. Mereka memutuskan, doa siapapun yang dikabulkan, dialah yang benar dan menang. Nabi-nabi palsu Baal diberikan kesempatan untuk lebih dahulu berdoa dan memanggil-manggil yang mereka sembah untuk mendengarkan mereka dan menerima persembahan mereka. Setelah sekian lamanya, tak ada yang terjadi, bahkan hingga mereka kelelahan. Setelah itu, giliran Nabi Elia yang berdoa. Dan, Allah segera mendengar doanya dengan menyambar persembahan itu dengan api dari langit!
  • Bangsa Israel melihat sendiri apa yang dilakukan nabi Elia. Setelah kejadian itu mereka sadar bahwa yang mereka lakukan selama ini adalah salah dan dosa. Akhirnya mereka berbalik kepada Allah dan bertobat.

Dikutip dengan penyesuaian dari Buku Rangkuman & Latihan soal Pelajaran Agama Katolik SD Kelas 4-6 oleh Yulita Susi Astuti, S Ag.

4 thoughts on “Nabi Elia – Ringkasan”

  1. Kak , saya ada pertanyaan : Apa inti nubuat yang dilakukan Nabi Elia terhadap bangsa Israel ?
    Tolong dijawab ya , Terima kasih

    1. Allah mengutus Nabi Elia untuk menyadarkan bangsa Israel yang menyembah berhala itu. Dia menegur Raja Ahab yang menyembah berhala dan memperingatkan raja dan rakyatnya bahwa Allah akan menghukum mereka dengan tidak menurunkan hujan selama tiga tahun jika mereka tetap menyembah berhala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.