Aku adalah Warga Dunia – Ringkasan

  • Kita adalah warga dunia. Kepentingan umum yang mencakup seluruh dunia menjadi tanggungjawab semua negara di dunia. Maka dalam penanganannya dibutuhkan kerjasama semua negara di dunia.
  • Contoh-contoh permasalahan umum yang menyangkut semua negara yaitu: kelaparan, penyakit, terorisme
  • Kita selalu membutuhkan kerjasama dengan negara lain dalam beberapa segi yaitu:
    a. Segi Ekonomi
    Kita membutuhkan barang-barang dari luar negeri contohnya kendaraan, alat komunikasi, dll. Kita juga menjual hasil-hasil negeri kita sendiri contohnya produk kerajinan tangan, mebel, dll.
    b. Segi Budaya
    Kita senang menerima lagu-lagu, tarian, cerita dari negara lain. Kita juga bangga dapat memperkenalkan berbagai hasil budaya dan kesenian bangsa kita.
    c. Segi Keamanan
    Kita memerlukan kerjasama dengan negara lain dalam menangani teroris, penjahat perdagangan orang dan diplomasi untuk menghindari perang
    d. Segi Sosial
    Kita membutuhkan bantuan dari negara lain jika ditimpa bencana alam atau penyakit. Kita juga membantu negara lain yang mungkin belum terlalu sejahtera.
  • Kita harus bersyukur kepada Allah karena kita telah diciptakan secitra dengan Allah dan sebagai makhluk yang paling mulia yang saling bekerjasama menyempurnakan karya penciptaan Allah hingga kita pantas disebut sebagai anak-anak Allah.

Dikutip dengan penyesuaian dari Buku Rangkuman & Latihan soal Pelajaran Agama Katolik SD Kelas 4-6 oleh Yulita Susi Astuti, S Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.